Mengenal Tampilan WinForm pada Visual Studio 2019

Mengenal Tampilan WinForm pada Visual Studio 2019
Mengenal Tampilan WinForm pada Visual Studio 2019 | IDCSharp

Winform atau Windows Form merupakan salah satu jenis Class Library yang di ciptakan Microsoft untuk membuat suatu aplikasi atau software berbasis GUI ( Graphical User Interface ). winform ini tergabung dalam Framework .NET.

Bahasa Pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasi Winform adalah C# dan Visual Basic. Akan tetapi IDCSharp akan mengulas winform menggunakan bahasa pemrograman C# atau CSharp.

Berikut adalah Tampilan pertama ketika kamu membuat project baru dengan jenis Winform ( Windows Form ).

Tampilan WinForm ( Windows Form ) Visual Studio 2019
Tampilan WinForm ( Windows Form ) Visual Studio 2019

Bagian – bagian WinForm yang perlu kamu ketahui.

Visual Studio menyediakan beberapa bilah atau bar yang dapat membantu kamu dalam pengembangan Software Aplikasi dengan jenis Windows Form.

Solution Explorer Visual Studio.

Solutio Explorer merupakan suatu Bar yang menampilkan semua resource yang kamu gunakan didalam project, seperti form, class, modul dan lain sebagainya.

Windows Form Tool Box.

Windows Form Tool Box
Windows Form Tool Box

Winform Tool Box berisi kumpulan object-object yang dapat kamu gunakan dalam mengembangkan Aplikasi, seperti Button, Form, TextBox, Label dan lain sebagainya. Untuk menggunakan Object yang berada dalam ToolBox, kamu hanya perlu memilih object yang diinginkan kemudian drag n drop.

Properties Winform.

Properties berisi Rincian mengenai project maupun object yang kamu gunakan. misal kamu menggunakan button pada project winform, rincian seperti warna, font, border, text dan sebagainya akan tampil pada Properties, dan kamu dapat mengubahnya melalui properties tersebut.

Mengakses Code Winform

Mungkin diantara kalian yang sedang belajar atau mulai belajar Windows Form merasa bingung, bagaimana mengimplementasikan Kode atau Syntax bahasa pemrograman pada Windows Form.

Untuk mengakses halaman Kode, kamu dapat melakukannya melalui Solution Explorer.

Windows Form C# Code
Windows Form C# Code

Mungkin Cukup sekian penjelasan singkat mengenai tampilan WinForm atau Windows Form pada Visual Studio 2019. Terimakasih.