Mengenal Menus & Toolbar ToolBox pada Visual Studio

Mengenal Menus & Toolbar ToolBox pada Visual Studio
Mengenal Menus & Toolbar ToolBox pada Visual Studio

Halo berjumpa lagi bersama saya Angga, masih melanjutkan mengenai komponen pada visual studio. Sekarang kita akan belajar bersama mengenai Menus & Toolbar.

Menus & Toolbar merupakan salah satu kategori ToolBox pada Visual Studio yang berfokus pada bagian Menu dan Toolbar.

Artinya apabila kamu ingin menggunakan bagian bagian menu toolbar, kamu dapat menggunakan object ini.

Menus & Toolbar terdiri dari beberapa object yang mempunyai fungsi masing masing,yaitu:

ContextMenuStrip

ContextMenuStrip berfungsi untuk menampilkan menu saat klik kanan pada mouse atau touchpad di tekan. sepertihalnya saat membuka folder dan kita meng-klik kanan pada ruang kosong, dan ContextMenuStrip akan muncul.

MenuStrip

Setiap aplikasi pasti mempunyai menu dengan fungsi-fungsi yang berguna untuk setiap user. Menu-menu seperti File, Insert, Edit dan sebagainya dibuat dengan MenuStrip.

StatusStrip

Status Strip merupakan Komponen yang berada pada Status Bar, apa itu status bar ?

Status bar adalah bilah khusus yang pada umumnya berada di bagian bawah aplikasi, status ini berfungsi untuk menampilkan status proses pada program. contohnya adalah progress bar pada internet explorer edisi lama.

ToolStrip

ToolStrip atau Toolbar merupakan menu khusus yang dapat menyediakan beberapa fungsi-fungsi tertentu untuk mendukung user dalam menggunakan program.

Tampilan ToolStrip seperti pada Software Adobe Photoshop pada menu bagian kiri yang berisi brush, color, pen, dan sebagainya.

dan Object ini dapat di tempatkan pada sisi atas bawah dan juga samping program.

ToolStripContainer

Element yang sangat unik dan berguna, karena dengan element ini kamu dapat menyembunyikan ToolStrip ketika tidak digunakan.

Bagaimana menurutmu semakin menarik bukan Visual Studio ini, masih semangatkan belajarnya. Pada materi berikutnya kita akan masih belajar mengenai komponen di visual studio, jadi tetap semangat ya.