Mengenal Event pada Windows Form

Mengenal Event pada Windows Form

Event merupakan suatu peristiwa atau aktivitas yang terjadi ketika program dalam kondisi runtime. Aktivitas tersebut dapat berupa klik pada tombol, pengetikan pada Textbox, Form Onload, Form Close, Drag n Drop dan lain sebagainya.

Setiap Event yang terjadi dapat di atasi dengan Event Handler, kamu dapat menambahkan beberapa fungsi ketika Event terjadi, misal ketika terjadi Klik pada button maka program akan menampilkan jendela baru atau lain sebagainya.

Bukan Hanya Event Klik, Terdapat berbagai macam event pada windows form, semuanya dapat kamu lihat pada Control Property dengan menekan icon petir.

perhatikan gambar di bawah ini :

Windows Form Event

Pada gambar di atas terlihat sekumpulan Event, Apabila kamu ingin menambahkan kode program kedalam event, kamu hanya perlu me-double click pada event terkait, misalnya event click maka kamu hanya perlu memilihnya dengan melakukan double click.

Selain dengan Double Click, kamu juga dapat menambahkannya secara langsung dengan code :

private void Nama_Control (object sender, EventArgs e)
     {
     }

Setelah kamu selesai menyusun kode, kamu dapat mencobanya dengan menjalankan program yang kamu buat, apakah kode pada event telah berjalan dengan benar atau belum.

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai Event pada Windows Form, apabila ada yang di tanyakan, dapat kamu tanyakan pada kolom komentar.