Mengenal Data ToolBox pada Visual Studio

Mengenal Data ToolBox pada Visual Studio | IDCSharp
Mengenal Data ToolBox pada Visual Studio | IDCSharp

Halo berjumpa kembali bersama saya Angga, pada materi kali ini kita akan belajar bersama mengenai Data Toolbox.

Seperti namanya, Komponen Data merupakan salah satu Komponen Toolbox pada visual studio yang berhubungan dengan pengolahan Data.

Data ToolBox terdiri dari 5 Buah Element yang dapat dipakai untuk mengolah data.

Chart

Chart merupakan salah satu object yang berada pada Data Tab dalam ToolBox yang dapat digunakan untuk membuat Chart atau grafik diagram kelompok data.

BindingNavigator

BindingNavigator merupakan object yang berguna untuk mengontrol data yang melalui BindingSource, kamu dapat menggunakan Object ini untuk memanipulasi data yang berada pada form.

BindingSource

BindingSource merupakan penghubung antara Binding Navigator dengan data yang berada pada form, agar saling terhubung dan berfungsi dengan benar.

DataGridView

DataGridView merupakan salah satu object yang dapat digunakan untuk menampilkan data dari database, kedalam form dalam bentuk tabel.

DataSet

DataSet merupakan salah satu object yang berfungsi untuk merepresentasikan data dan relasinya pada memory, DataSet ini dapat dikatakan mirip dengan DataBase.

Kamu dapat bereksperiment dengan mencoba satu persatu kegunaan dari komponen ini, jika kamu menemukan hal yang unik, mari diskusi bersama di kolom komentar. Sampai jumpa di materi berikutnya.