Mengenal Container Tool Box pada Visual Studio

Mengenal Container Tool Box pada Visual Studio
Mengenal Container Tool Box pada Visual Studio | IDCSharp

Halo bertemu lagi dengan saya Angga, pada materi kali ini kita akan belajar bersama mengenai Tool Box pada IDE ( Integrated Development Evirontment ) Visual Studio.

Tool Box pada Visual Studio di bagi menjadi beberapa kategori, misalnya Common Controll, Container, Menus & Toolbar dan lain sebagainya.

Kemarin kita telah membahas mengenai Common Control ToolBox, bagi kamu yang belum sempat membacanya, kamu dapat melihatnya pada menu bilah kanan ( Desktop ) atau di bawah Article ( SmartPhone ).

Container ToolBox terdiri dari 6 Komponen yaitu :

Pointer

Karena Pointer telah kami jelaskan pada materi sebelumnya ( Mengenal Common Control ToolBox pada Visual Studio ), maka kami tidak akan menjelaskannya lagi, kamu dapat membacanya pada materi sebelumnya.

ContextMenuStrip

ContextMenuStrip merupakan salah satu control dalam Visual Studio yang berguna untuk membuat menu navigasi pada aplikasi, pasti kamu pernah melihat pada setiap aplikasi yang kamu punya terdapat menu file, edit dan sebagainya, utuk membuat menu seperti itu, kamu dapat menggunakan ContextMenuStrip.

GroupBox

Membuat Aplikasi desktop yang komplex pasti banyak juga kontrol atau object yang digunakan, bisa saja textbox, label dan sebagainya.

Banyaknya kontrol yang digunakan sering kali membuat program menjadi tidak tertata rapi secara visual, disinilah peran GroupBox sangat diperlukan, GroupBox dapat membantu kamu mengelompokan beberapa kontrol yang kamu anggap sebagai satu kategori.

Panel

Panel merupakan salah satu kontrol digunakan untuk mengumpulkan beberapa object pada pada form, hampir mirip sengan GroupBox.

Perbedaanya adalah :

GroupBox

  • mempunyai Text Ptoperty
  • Tidak dapat menampilkan scrollbar
  • Tidak mempunyai event Click
  • Border Style default

Panel

  • Tidak memiliki Text Property
  • Dapat menampilkan Scroll Bar.
  • Mempunyai Event Click
  • Borde Style dapat di tampilkan ataupun tidak.

Split Container

Dengan SplitContainer kamu dapat membagi sebuah form menjadi dua bagian yang berupa Panel, dan ukurannya dapat di sesuaikan sesuai kebutuhan.

TabControl

Tab Control dapat kamu gunakan untuk membuat tab. apa itu tab ?

Tab adalah bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai dengan kelompoknya yang terdiri dari grup dan perintah.

Contohnya seperti navigasi pada microsoft office 2010 keatas, terdapat tab home, insert dan sebagainya.

TableLayoutPanel

Table Layout Panel adalah panel yang bersifat dinamis, dan membuat komponen didalamnya dalam format Tabel.

Kita telah belajar mengenai Tool Box pada Visual Studio, kamu dapat melakukan percobaan agar lebih mendalami fungsi fungsi element pada toolbox ini. Jika kamu menemukan sesuatu, mari disukusikan di kolom komentar