Berkenalan dengan .NET Framework dan C#

Mengenal Bahasa Pemrograman C# dan NET Framework | IDCSHARP.COM
Mengenal Bahasa Pemrograman C# dan NET Framework | IDCSHARP.COM

Apakah kamu menggunakan perangkat Mobile?, Yuk lihat daftar isi materi C# di IDCsharp.com


Bahasa Pemrograman C#

C-Sharp atau C# merupakan Bahasa pemrograman yang terbentuk/ Evolusi dari bahasa pemrograman C dan C++, C# sendiri berjalan pada suatu Framework yang bernama .NET atau dotNET Framework


Apakah itu .NET Framework

Framework .NET tersusun dari Common Language Runtime ( CLR ) dan class library.

CLR merupakan dasar atau pondasi dari Framework .NET . CLR bertanggung jawab mengelola kode pada saat proses eksekusi sedang berlangsung, seperti pengalokasian memori, akurasi kode dan masih banyak lagi.

Class Library merupakan kumpulan berbagai class, interface dan Value Type yang memungkinkan untuk melakukan berbagai tugas pemrograman umum, seperti mengumpulkan data, akses file, dan text.

Bahasa Pemrograman C# menggunakan Class Library dari .NET secara ekstensif  untuk melakukan berbagai tugas umum dan menyediakan berbagai fungsi.

Kelebihan Framework .NET

  • Independence Platform|

Platform bersifat Independence yang mana program yang ditulis dengan menggunakan framework .NET dapat dijalankan pada semua jenis komputer atau device, dengan syarat device tersebut telah terinstall implementasi dari .NET itu sendiri.

  • Cross Programming Language

NET framework tidak terkait dengan hanya satu bahasa pemrograman saja, melainkan banyak bahasa pemrograman, yang artinya framework .NET ini dapat digunakan lebih dari satu bahasa pemrograman, Contoh : VB.Net, JScript.Net, Visual J++.Net, Python.Net, Perl.Net dan masih banyak bahasa pemrograman Lainnya.

  • Fastest Programming Framework

Framework .NET juga telah terbukti dengan kecepatannya, hal tersebut dapat dibuktikan dengan program-program yang di develop menggunakan Framework.NET. Walaupun .NET merupakan Framework yang bersifat portable.

  • .NET is Open Source

Framework .NET bersifat Open Source yang mana kita boleh membuat dan memodifikasinya sesuai dengan kehendak kita, tanpa harus membayar lisensi

Mengapa Memilih Belajar C#

C# sendiri merupakan bahasa pemrograman yang modern dan fleksible, dan mudah untuk dipahami, walau tanpa ada latar belakang IT.

Baca Juga: IDE untuk Bahasa Pemrograman C#

Dengan bahasa pemrograman C#, kita tidak hanya dapat membuat Aplikasi atau Software untuk PC/Desktop namun, dengan C#, kita juga dapat membuat aplikasi Untuk Android, IOS, UWP atau Universal Windows Platform, Web Service dan masih banyak lagi, dengan demikian, sudah pahamkan bagaimana Keunggulan bahasa Pemrograman C# ini ?!.