Class dan Object pada bahasa pemrograman C#

Class dan Object pada bahasa pemrograman C# | IDCSharp.com
Class dan Object pada bahasa pemrograman C# | IDCSharp.com

Apakah kamu menggunakan perangkat Mobile?, Yuk lihat daftar isi materi C# di IDCsharp.com


OOP ( Object Oriented Programing ) merupakan hal yang sangat penting dalam bahasa pemrograman, salah satunya adalah C#. Dengang menggunakan metode OOP, kamu dapat lebih mudah dalam membuat sebuah program. OOP mengimplementasikan permasalahan dalam kehidupan sehari hari. Dalam model OOP dikenal Class, Object, dan Juga Properti, apakah itu? mari kita pelajari bersama.

Class C#

Dalam Pemrograman berorientasi Object atau OOP ( Object Oriented Programming ) Class merupakan suatu tipe data yang mendefinisikan seperangkat variable dan method untuk object yang di deklarasikan.

Contoh : Apabila kita membuat Class mobil. maka kita dapat menentukan Ban, Mesin, Pintu dan sebagainya sebagai objek nya.

Class dapat di ibaratkan seperti suatu cetak biru atau blue print yang mendefinisikan data dan perilaku pada suatu tipe.  Dalam pendeklarasian Class, wajib dimulai dengan kata kunci Class kemudian dilanjutkan dengan Nama Class, setelah itu Tubuh Class, yang mana berisi data dan method.

class Mobil
{
  //variable, method, dll.
}

Object C#

Sebelumnya kita telah mempelajari mengenai tipe data variable pada bahasa pemrograman C#, Hampir mirip dengan Class, sebuah Class dapat digunakan untuk mendeklarasikan beberapa object.

Setiap Object mempunyai karakteristik sendiri. Seperti halnya manusia yang dibedakan menurut sifat, usia, jenis kelamin dan sebagainya, sebuah object memiliki kumpulan nilai tersendiri yang membedakannya dengan object yang lain.

Karakterisitik suatu object dalam Class dapat disebut dengan properti, nilai yang ada pada properti menggambarkan bagaimana keadaan object tersebut.

Contoh : object siswa dalam class ruang_kelas, pada object siswa tersebut mungkin saja ia memiliki usia 15 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan bernama dewi. usia, jenis kelamin dan nama itulah yang disebut dengan Properti

Object tidak selalu mewakili karakteristik, contoh:

Object Media, dapat mewakili text, gambar, music dan sebagainnya.

Object Data, dapat mewakili nama user, password, alamat dan sebagainnya.

Baca Juga: Value dan Reference Type C#

Bagaimana apakah kamu sudah paham?, atau masih bingung?, Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya.