Bermain dengan Text C#

Bermain dengan Text C# | IDCSharp.com
Bermain dengan Text C# | IDCSharp.com

Pada materi sebelumnya kita telah mempelajari tentang “Bagaimana membuat program menggunakan bahasa pemrograman C#” sekarang kita akan mempelajari lebih dalam mengenai text pada bahasa pemrograman C#.

yaitu :

  • Menampilkan/Mencetak Teks
  • Menggunakan beberapa Variable.
  • Melakukan Input
  • Menulis Komentar

Menampilkan/Mencetak Teks C#

Mayoritas dari program yang dibuat pasti membutuhkan suatu input maupun output pada programnya, contoh : mesin pencari google membutuhkan suatu input pada search bar nya agar dapat menampilkan output sesuai yang di inputkan sebelumnya.

Begitu juga program dengan menggunakan bahasa pemrograman C# ini, tidak mungkinkan program yang kamu buat hanya bersifat statis dan tidak ada interaksi sedikitpun ?. sekarang kita akan mencoba menampilkan suatu output berupa teks pada program C# kali ini.

untuk melakukan output, kamu perlu menulis syntax console.WriteLine(“teks yang ingin di tampilkan”); atau dapat juga dengan menulis console.Write(“teks yang ingin di tampilkan”); , perbedaan dari kedua syntax di atas adalah, apabila menggunakan WriteLine maka akan otomatis pindah baris setelah perintah di generate, misal setelah menampilkan teks, kamu akan menampilkan teks yang ke dua, maka akan otomatis pindah baris, berbeda dengan Write, apabila menggunakan Write maka teks ke dua akan satu baris dengan teks yang pertama.

contoh :

Menggunakan Variable pada C#

Agar lebih mudah dalam menampilkan suatu teks kadang teks juga perlu di simpan pada variable, variable dapat mempermudah dan mencaga ke rapian kode yang kita buat. selain teks variable juga dapat memuat angka dan sebagainya tergantung pada tipe data yang digunakan variable tersebut.

contoh:

Melakukan Input pada C#

Kalo tadi kita membahas output maka sekarang kita akan membahas mengenai Input atau User Input pada bahasa pemrograman C#.

Untuk membuat User Input pada bahasa pemrograman C#, kamu dapat menambahkan Syntax Console.ReadLine().

contoh :

Perlu di ingat bahwa Console.WriteLine pada C# hanya akan mengembalikan nilai berupa string, lantas bagaimana jika kita ingin menginputkan berupa angka ?

Untuk melakukannya kamu cukup menambahkan syntax Convert.ToInt32 untuk nilai berupa Integer, Convert.ToBoolean untuk nilai berupa Boolean, dan Convert.ToDouble untuk nilai berupa double.

Perhatikan Kode dibawah ini :

Menulis Beberapa Komentar

Pasti ada yang bertanya – tanya, apashih guna komentar pada kode ? komentar dapat kita gunakan untuk menandai atau menjelaskan bagian – bagian dari kode yang kamu buat.

Sudah paham, kenapa harus dijelaskan ?

kenapa kamu harus menjelaskan ?, kita tidak tahu seminggu ataupun sebulan kedepan, apa kamu masih ingat dengan kode kamu ?, selain digunakan untuk mengingat, komen dapat digunakan apabila mengerjakan program secara berkelompok, tidak mungkinkan kamu menjelaskan satu persatu kode kamu ke klompokmu ?

Terus bagaimana cara menulis komentar ?

Cara menulis komentar pada bahasa pemrograman C# sebetulnya cukup mudah, kamu hanya perlu menulis // sebelum kamu menulis teks komentar, dan apabila kamu ingin menulis komentar yang sangat panjang, kamu cukup menulis /* sebelum teks, dan */ sesudah teks.

contoh :

mungkin cukup sekian penjelasan kali ini, selamat belajar di materi selanjutnya, salam coders.