Mengenal Array Multidimensi pada golang

Array Multidimensi pada golang. Suatu array dalam bahasa pemrograman dapat memiliki banyak dimensi. Array dengan banyak dimensi ini disebut dengan Array Multidimensi. Begitu juga dengan bahasa pemrograman golang. Golang juga mempunyai array tipe multidimensi.

Array dengan tipe multidimensi dapat diartikan bahwa array tersebut mengandung array didalamnya, atau array didalam array.

Array dengan tipe multidimensi secara umum sama dengan cara mendeklarasikan array satu dimensi, dan berikut adalah cara mendeklarasikan array multidimensi :

"<yoastmark

Pada kode di atas, dapat kita lihat terdapat 2 kolom ketika mendeklarasikan array yaitu [2][5]. Kolom ini dapat di artikan bahwa array yang akan dibuat berisi 2 buah Baris dan 5 buah element setiap barisnya.

Mengakses Array Multidimensi pada golang

Sama halnya dengan Array satu dimensi yang telah di bahas sebelumnya. Array multidimensi juga menggunakan index untuk memanggil elemennya.

Caranya adalah sebagai berikut :

"<yoastmark

Kode di atas akan menampilkan element pada baris index 1 dan element pada index ke 3, yaitu angka14

Menampilkan semua isi Array multidimensi

Sama juga dengan array satu dimensi sebelumnya, untuk memanggil semua isi array pada array multidimensi, kamu juga perlu menggunakan perulangan. Namun, ada sedikit perbedaan pada perulangan yang dilakukan mengingat array berjenis multidimensi

Memanggil semua isi array multidimensi
Memanggil semua isi array multidimensi

.Pada kode diatas, kita memerlukan j sebagai variable tambahan untuk memanggil isi yang terdapat dalam baris array.

Jadi dapat dikatakan len(numberList) akan bernilai 2 karena panjang arraynya 2. sedangkan j digunakan untuk memanggil isinya yang panjangnya 5.

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai array multidimensi, bagaimana menurutmu ?

Mungkin Anda juga menyukai