Perulangan pada bahasa pemrograman golang

Perulangan atau Looping pada bahasa pemrograman Golang.  Perulangan merupakan serangkaian bentuk kegiatan mengulang suatu statement sampai batas tertentu. Perulangan biasa dilakukan ketika kamu ingin mencetak banyak sekali baris output, tanpa mengulangi menulis syntax yang sama.

Misalnya, ketika kamu ingin mencetak angka 1 hingga 1000, tidak mungkinkan kamu menulis hingga 1000 baris banyaknya kode ?

Apa kegunaan perulangan pada real project ?

Contoh penggunaan perulangan ketika di real project misalnya adalah blog ini, kamu dapat memperhatikan jumlah post yang ada pada blog ini. Untuk menampilkan semua post yang ada, dibutuhkan perulangan, agar lebih dinamis. Artinya, kamu tidak perlu menulis beberapa baris kode lagi ketika post di terbitkan.

Di dalam bahasa pemrograman golang terdapat 4 jenis perulangan yaitu :

  • Basic For
  • For A While
  • For Ever
  • For Range

Basic For

Basic for merupakan perulangan for normal seperti bahasa pemrograman lain, yaitu perulangan for yang menampung 3 buah element, seperti:

  • initial
  • condition
  • postStatement
Initial

Initial biasanya di isi dengan kondisi awal pada perulangan, misal titik awal variable perulangan.

contoh : ( i = 0 ).
Condition

Condition berisi kondisi variable pada perulangan, elemen ini biasanya digunakan untuk menentukan batas perulangan.

contoh : ( i < 15 )
postStatement

postStatement biasanya di isi dengan hal apa yang ingin dilakukan pada perulangan tersebut, apakah ingin menambah nilai i, menguranginya dan lain sebagainya.

contoh : ( i++ )
Penggunaan Basic For pada Golang

Contoh kode untuk membuat Basic for pada golanga adalah sebagai berikut :

Perulangan For pada Golang
Perulangan For pada Golang
Penjelasan

Pada kode di atas dapat kita lihat i:=0 sebagai initial, i<= 5 sebagai condition, dan i++ sebagai postStatement.

Pada awal perulangan, kita tentukan dulu bahwa nilai awal perulangan mulai dari 0, dan perulangan akan dilakukan didalam kondisi i kurang dari atau sama dengan 5, dan perulangan dilakukan dengan menambahkan 1 nilai pada variable i.

Kemudian di dalam tubuh perulangan kita taruh statement, isi statement ini bebas kamu isi apa aja. Namun, pada kode di atas kita akan mencetak “tulisan angka ke – ” dan menampilkan variable i.

For A While

Hampir mirip seperti basic for, namun for a while lebih singkat. Di dalam For A While, tidak ada initial dan posStstatement, jadi kamu harus membuat terlebih dahulu initial diluar for, dan postStatement di dalam tubuh for.

Penggunaan For a while Golang
"Perulangan
Penjelasan

Pada kode di atas, pertama kita deklarasikan terlebih dahulu nilai dari i, nilai dari  i adalah 0. Kemudian kita tulis perulangannya dengan kondisi i< =5, dan untuk postStatement kita tambahkan di dalam tubuhnya.

Kode diatas berfungsi untuk menampilkan angka 1 hingga 5

For Ever

Mirip seperti namanya, yang mana dapat di artikan bahwa perulangan ini akan mengulang secara terus menerus, atau bahasa kerennya adalah infinity loop.

note: jangan menjalankan task yang berat dengan perulangan ini ya, nanti bisa meledak wkwkwkw, bercanda

Penggunaan For ever pada Golang
"Perulangan

For Range

Khusus untuk for range, kita akan membahasnya bersamaan dengan Array pada bahasa pemrograman golang. Karena for range mempunyai fungsi khusus.’

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai perulangan pada golang. Apabila ada pertanyaan  tulis di kolom komentar ya.

Sampai jumpa di materi selanjutnya : Mengenal Defer dan Fungsinya pada Golang

Mungkin Anda juga menyukai