Mengenal dan Implementasi Variable pada Golang

Variable pada Golang. Setiap bahasa pemrograman pasti terdapat sesuatu yang dinamakan Variable. Apakah yang dimaksud Variable itu ?. Variable merupakan memori atau tempat yang berfungsi sebagai penampungan sementara suatu data atau nilai pada program.

Data seperti apa yang dapat ditampung variable ?

Variable pada bahasa pemrograman golang mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • String
  • Integer
  • Boolean
  • Float
  • Complex

String

String merupakan jenis tipe data dalam bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menampung suatu string atau huruf, kata, maupun kalimat.

Integer

Tipe data integer atau bilangan bulat, Integer merupakan jenis tipe data yang menampung sebuah nilai bilangan bulat.

Boolean

Jenis Tipe data yang menampung logika true dan false. Tidak sembarang data dapat ditampung pada tipe ini, karena Boolean hanya mengizinkan nilai yang berupa True dan False.

Float

Merupakan jenis tipe data yang dapat menampung bilangan desimal.

Complex

Jenis tipe data Complex menampung jenis data bilangan real dan imaginer.

Tipe Variable pada Golang

Golang juga mempunyai beberapa Tipe diantaranya yaitu :

  • Var
  • Const
  • Interface

Var

Var biasanya digunakan untuk mendeklarasikan sebuah variable secara normal, contoh penggunaan dari var adalah sebagai berikut :

var randomNumber int = 15

Const

Tipe Variable Const digunakan untuk menampung sebuah nilai, yang mana nilai tersebut dimaksudkan untuk tidak diubah atau bersifat tetap. Contoh dari Const dapat digunakan pada phi, yang mana nilai pada phi bersifat tetap.

const phi = 3.14

Interface

Jenis pendeklarasian variable dengan interface, jenis ini sangat flexible dan mudah digunakan, karena kita tidak perlu mendeklarasikan tipe data variable yang akan digunakan terlebih dahulu. Semua jenis data dapat ditampung pada variable, jika di deklarasikan dengan cara interface.

number := 15
abjad := "abc"
logic := true

Aturan penamaan variable pada golang

Bahasa pemrograman golang mempunyai aturan tertentu terkait penamaan pada sebuah variable. Dalam penamaan variable, golang merekomendasikan menggunakan aturan camelCase. Yaitu dimulai dengan huruf kecil untuk kata pertama, dan huruf besar untuk kata kedua.

contoh : firstName, userAddress, profilPhoto

Mungkin sekian penjelasan mengenai variable pada bahasa pemrograman Golang, pada materi selanjutnya kita akan mempelajari mengenai Input Data pada bahasa Pemrograman Golang.

Sampai jumpa di materi selanjutnya

Mungkin Anda juga menyukai