Input Data pada bahasa Pemrograman Golang

Pada materi sebelumnya, kita telah membahas mengenai Output Data dengan bahasa pemrograman golang. Nah, materi kali ini kita akan membahas mengenai Input Data pada Golang.

Apakah yang dimaksud dengan Input Data ?

Input Data merupakan tindakan yang dilakukan oleh user guna untuk memasukan data kedalam sistem. Kemudian, data tersebut dapat diolah oleh sistem dan kemudian dapat juga ditampilkan.

Didalam Golang, terdapat 2 buah metode yang dapat kita gunakan untuk melakukan input data, yaitu :

  • Scan
  • Bufio

contoh penggunaan Bufio dan Scan

Input Data Scanner dan Bufio
Input Data Scanner dan Bufio

Apa perbedaan Bufio.NewScanner dan Scan biasa ?

Sebelum membahas mengenai perbedaan, kita bahas mengenai persamaannya terlebih dahulu. Baik bufio dan scan dengan fmt, dua-duanya mempunyai fungsi yang sama yaitu digunakan untuk melakukan input data.

Namun, fmt.Scan mempunyai kekurangan yaitu, tidak dapat menampung input berupa space kosong diantara 2 karakter (2 2). Jika kita melakukannya maka secara otomatis, fmt.Scan menganggap 2 buah input yang di inputkan sekaligus.

Dari kekurangan itu, kita dapat menggunakan bufio.NewScanner agar dapat menampung space dalam inputannya.

Bagaimana menurutmu ?, Baik fmt.Scan dan Bufio.NewScanner, mempunyai kegunaan masing – masing, kamu bebas memilih untuk menggunakan yang mana.

Mungkin sekian penjelasan mengenai Input Data pada Bahasa pemrograman Golang, apabila ada yg perlu ditanyakan, boleh ditanyakan di kolom komentar.

Pada materi selanjutny, kita akan mempelajari mengenai implementasi kondisi dalam bahasa pemrograman Golang

Mungkin Anda juga menyukai