Container Control pada Windows form

Membuat Desain UI pada aplikasi Desktop
Membuat Desain UI pada aplikasi Desktop

Container Control adalah salah satu jenis control pada Windows Form yang berfungsi sebagai wadah atau tempat untuk menaruh control lain. Jenis ini biasanya digunakan untuk membuat atau merancang Layout pada Form.

Desain UI software yang tertata rapi dapat meningkatkan nilai jual dari software yang dibuat.

Maka dari itu mayoritas programmer saat ini berlomba-lomba untuk membuat Software yang sangat baik secara visual.

Container Control terdiri dari :

  1. Flow Layout
  2. Group Box
  3. Panel
  4. Split Container
  5. Tab Control
  6. Table Layout

1. Flow Layout

Tampilan yang mendatar dan tertata rapi merupakan idaman setiap programmer, dan juga User.

Flow Layout dapat membantu kamu menata tata letak control yang kamu gunakan menjadi lebih rapi secara otomatis.

Tanpa menumpuk control yang lain, kamu hanya perlu memindahkan control kedalam Flow Layout, dan secara otomatis Flow Layout akan menatanya secara otomatis.

2. GroupBox

GroupBox dapat membantu kamu untuk menata control-control yang kamu gunakan dengan cara mengelompokkannya menjadi satu, berdasar kategori tertentu.

Misal : kategori Form input Data, dan Kategori Form Tampilan Data.

Dengan menggunakan GroupBox, user akan lebih mudah memahami bagian-bagian pada Program yang dibuat.

3. Panel

Jika kita membandingkan Panel dengan GroupBox, sekilas tidak ada perbedaaan pada tampilannya kecuali hanya Teks Judul pada Frame.

Akan tetapi GroupBox dan Panel mempunya beberapa perbedaan yang dapat merubah cara penggunaannya.

Panel mendukung Event Click pada controlnya, jadi kamu dapat membuat suatu action ketika terjadi klik pada Panel, sedangkan GroupBox tidak bisa melakukannya.

Scrollbar dapat kamu tampilkan apabila menggunakan Panel Control, apabila element atau control lain yang kamu masukan kedalam Panel melebihi ruang yang tersedia.

Kamu juga dapat melakukan kustomisasi pada frame border panel sesuai dengan keinginan, sedangkan kamu tidak dapat melakukannya pada GroupBox.

4. Split Container

Apabila kamu ingin membagi sebuah form menjadi dua dengan ukuran dinamis dapat berubah-ubah, maka Split Container adalah jawabannya.

Selain dibagi menjadi 2 bagian, kamu dapat merubah ukuran bilah kiri atau kanan form, dengan cara menggeser pembatasnya ketika Runtime.

5. Tab Control

Dari namanya pun sebenarnya kita sudah tahu, Tab Control merupakan salah satu Container control yang berbentuk Tab, seperti Tab pada Web Browser.

Dengan menggunakan Tab Control kamu dapat membuat sebuah aplikasi yang dapat berpindah dari tab satu ke tab lain berdasarkan fungsi yang kamu buat.

6. Table Layout Panel

Apabila kamu ingin membuat sebuah Interface yang berbentuk tabel, kamu dapat menggunakan Table Layout Panel untuk mewujudkannya.

Table Layout panel memberimu kemudahan untuk menata Control-control yang kamu gunakan dalam bentuk tabel secara otomatis.

Tanpa perlu lagi kamu membuat kolom dan baris satu persatu.

Mungkin sekian penjelasan umum mengenai Container Control pada Windows Form, dan akan di jelaskan secara rinci penggunaan dari masing-masing Control pada materi selanjutnya.

You may also like...