Component ToolBox pada visual studio

Component ToolBox pada visual studio C#
Component ToolBox pada visual studio C#

Component Tab pada ToolBox Visual Studio merupakan salah satu tab ToolBox Visual Studio yang berhubungan dengan proses kerja system yang kamu buat.

Seperti Background Worker, Process, EventLog dan sebagainnya.

Component Tab pada ToolBox Visual Studio terdiri dari 16 Bagian yaitu :

BackgroundWorker

berfungsi untuk membuat suatu proses yang berjalan didalam background pada program yang kamu buat.

BackgroundWorker adalah suatu proses yang terjadi di dalam background Program yang beroprasi secara asynchronous. jadi proses ini berjalan secara terpisah tidak berpengaruh pada proces yang terjadi pada UI program.

DirectoryEntry

DirectoryEntry Mewakili suatu node dalam hierarki active directory. Active directory adalah servis yang menyediakan tampilan hierarkial dari sumber terdistribusi dan servis suatu network/jaringan.

DirectorySearcher

Seperti namanya, DirectorySearcher digunakan untuk melakukan pencarian terhadap directory active.

ErrorProvider

ErrorProvider menyediakan sebuah interface yang berfungsi untuk memberitahukan kepada user, apabila pada system terjadi error.

EventLog

Dengan menggunakan EventLog kamu dapat berinteraksi dengan EventLog yang ada pada windows.

FileSystemWatcher

FileSystemWatcher dapat membantu kamu mengirimkan informasi berupa notifikasi apabila terjadi perubahan pada File atau Directory.

Help Provider

Berfungsi untuk menampilkan bantuan ( Help ) berupa Pop Up ataupun Online Help, apabila user mengatur fokus pada kontrol tertentu.

ImageList

Berfungsi untuk mengatur kumpulan gambar yang biasanya digunakan oleh kontrol lain, seperti listview, Tree View ataupun ToolStrip.

MessageQueue


Kamu dapat berinteraksi dengan Aplikasi yang berbeda dengan Message Queue, melalui perantara server.

PerformanceCounter

Kamu dapat berinteraksi dengan Performance Counter yang berada pada System Windows dengan Performance Counter.

Process

Kamu dapat berinteraksi dengan proses yang sedang berjalan pada windows, memulai atau menghentikan proses dapat kamu lakukan dengan menggunakan object ini.

SerialPort

Apabila program yang kamu buat ingin berinteraksi dengan hardware yang masih menggunakan Serial Port, kamu dapat menggunakan object ini untuk menghubungkan program yang kamu buat dengan hardware tersebut.

ServiceController

Kamu dapat mengatur Service yang ada pada windows dengan object ServiceController, memanipulasi Service yang ada juga dapat dilakukan.

Timer

Digunakan untuk mengeksekusi waktu pada program yang dibuat. contohnya adalah untuk mengatur interval tertentu untuk mengaktifkan fungsi tertentu pada program.

 

You may also like...