Switch dan Case pada bahasa pemrograman C#

Switch dan Case pada bahasa pemrograman C# | IDCSharp.com
Switch dan Case pada bahasa pemrograman C# | IDCSharp.com

Sebelumnya kita telah belajar mengenai Logika IF pada bahasa pemrograman C#, nah sekarang waktunya untuk belajar Percabangan yang lain, yaitu Switch Case pada bahasa pemrograman C#.

Apakah itu Switch Case pada bahasa pemrograman C# ?

Hampir sama dengan IF dan else, akan tetapi Switch Case menawarkan Code yang lebih rapi dan menawan untuk kasus tertentu.

Contoh :

Saat kamu ingin membuat suatu aplikasi atau game berupa Quiz. dalam kasus ini tentu kamu dapat menggunakan IF, akan tetapi akan lebih elegant apabila kamu menggunakan Switch Case, berikut contoh kode menggunakan Switch Case dalam bahasa pemrograman C#.

contoh menggunakan IF :

Menggunakan Switch pada C#

Statement Switch memastikan persamaan antara, nilai 1 dengan nilai yang ada pada case didalam Switch. Apabila nilai sama, maka operasi akan di eksekusi.

contoh :

switch (expression) {
  case nilai1:
    statement(s);
    break;
  case nilai2:
    statement(s);
    break;
    ...
  case nilaiN:
    statement(s);
    break;
}

Didalam sebuah pernyataan Switch terdapat beberapa pernyataan case,apabila variabel yang dituju sama nilainya dengan nilai case maka pernyataan dalam case akan di eksekusi.

Dengan menggunakan Statement Switch, kode diatas akan terlihat simpel dan modern, coba bayangkan apabila menggunakan if pada kode di atas. menurut kamu lebih terlihat baik kode yang mana ?

Akan tetapi saat menggunakan pernyataan Switch jangan lupa menambahkan break pada akhir case.  Didalam pernyataan Switch terdapat kata default, nah apakah default itu ?

sama halnya dengan Else pada Pernyataan If, default dapat difungsikan sebagai penolakan apabila nilai variabel tidak ada yang sama dengan Case pada statement Switch.y

contoh:

Mungkin Cukup materi Switch dan Case pada algoritma bahasa pemrograman C# kali ini, semoga bermanfaat.

You may also like...